Sabtu, 02 Maret 2013

Pemuda Pemimpin Bangsa


KERANGKA KARANGAN
TEMA : PEMUDA PEMIMPIN BANGSA
JUDUL : YANG MUDA YANG MEMIMPIN

I PENDAHULUAN
1.       PENGERTIAN PEMUDA
2.       PENGERTIAN PEMIMPIN
3.       KEADAAN PEMIMPIN INDONESIA
II ISI
1.       SEJARAH PERJUANGAN KAUM PEMUDA
2.       NASIONALISME PEMUDA DAN HUBUNGANNYA DENGAN SUMPAH PEMUDA
3.       PEMUDA PEMIMPIN HARAPAN BANGSA
III PENUTUP
1.       KESIMPULAN
2.       SARAN

YANG MUDA YANG MEMIMPIN
                Pemuda merupakan unsur yang sangat penting dalam membangun kembali suatu bangsa. Dengan cara menanamkan nilai nasionalisme yang sebenarnya. Pemuda sebagai generasi penerus yang akan membawa suatu bangsa ke arah yang lebih baik. Yang merupakan tokoh pertengahan diantara anak-anak dan orang tua. Pemuda yang mampu menyuarakan perbaikan segala aspek bangsa secara lebih kuat dan tegas.
                Sedangkan pemimpin merupakan seseorang yang berintelektualitas cerdas dan mempunya hati yang ikhlas. Untuk mengabdi, mengatur serta memimpin bangsa. Pemimpin bangsa yang mampu menangani berbagai permasalahan ekonomi, sosial, politik, budaya dan melayani masyarakat secara menyeluruh. Membentuk pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia menuju kesejakteraan umum, kecerdasan bangsa, dan keadilan sosial. Agar terwujud keteraturan sesuai dengan cita-cita proklamasi kemerdekaan Indonesia yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945.
                Keadaan pemimpin bangsa Indonesia akhir-akhir ini mencerminkan bahwa mereka mulai kehilangan sikap nasionalisme. Terkadang, kebijakan yang dibuat lebih mementingkan urusan politik. Untuk kepentingan partai dan dirinya sendiri. Sehingga kebijakan-kebijakan tersebut membuat masyarakat merasa tidak diperdulikan kepentingannya. Keadaan seperti ini harus segera diperbaiki kepada pemimpin yang berkecenderungan tidak mementingkan keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat menengah ke bawah. Dengan kata lain, generasi pemudalah yang akan  menjadi calon pemimpin bangsa yang harus dibekali rasa nasionalisme dan berintelektual tinggi. Yang mampu mengantarkan bangsa ini menjadi negara berperadaban tinggi dan berpengaruh di dunia internasional.
                Perjuangan pemuda dalam mencapai kemerdekaan, merupakan kebangkitan yang melahirkan organisasi pendidikan yang sangat menguntungkan bagi masyarakat pribumi. Untuk dapat menimba ilmu tanpa ada batasan golongan. Kelahiran organisasi Budi Oetomo mampu menjadi inisiatif para pemuda lain untuk membentuk organisasi sejenis. Perseteruan golongan muda dan tua, golongan tua lebih cenderung hati-hati dalam menentukan proklamasi kemerdekaan. Dari sisi lain, semangat para pemuda yang membara memaksakan diri untuk melaksanakan proklamasi secepatnya yang akhirnya dimenangkan golongan muda. Beberapa perjuangan kaum pemuda yang mampu menjadi tolak ukur bahwa pemuda lebih agresif dan berpengaruh besar dalam kemajuan bangsa.
Sumpah Pemuda yang berbunyi bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Dengan inilah semangat nasionalisme muncul sebagai upaya untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang merdeka. Namun keadaan pemuda di jaman modern ini berkembang hedonisme, dimana  kehidupan yang semakin terbuka dan mudah terpengaruh budaya luar. Banyak hal yang mengusik bahkan mengancam persatuan bangsa, dan cenderung melunturkan semangat nasionalisme. Pemuda sekarang ini perlu menyadari bahwa persatuan dan kesatuan Indonesia bukanlah untuk meniadakan perbedaan dalam masyarakat, tetapi harus didasari dengan adanya kesadaran tetap menghargai dan menghormati keberagaman bangsa.
Keterpurukan dan kelemahan yang dialami generasi muda bangsa Indonesia ini merupakan cambuk yang memberikan semangat untuk bekerja keras membangun bangsa. Masyarakat Indonesia mengharapkan kelak pemuda pemimpin bangsa di masa yang akan datang adalah pemuda yang taat beragama, berakhlak disertai ilmu pengetahuan dan wawasan luas. Pemuda yang cinta akan persaudaraan, menyebarkan kebaikan, dan mencegah kejahatan serta kemaksiatan. Pemimpin yang menjadi teladan bagi masyarakat. Dengan harapan bangsa ini mampu lahir, bangkit, berdiri dan berjalan menjadi bangsa merdeka yang berdaulat.
Dengan demikian, patut rasanya menjadi pemuda yang berjiwa sebagai calon pemimpin. Agar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia selalu dapat dipertahankan untuk masa depan. Dengan adanya keberagaman masyarakat bukan merupakan hambatan pemersatu bangsa. Tetapi keanekaragaman merupakan potensi yang dapat memperkaya budaya bangsa dalam memajukan bangsa Indonesia. Di samping itu, semangat Sumpah Pemuda dapat mempersatukan, memupuk dan menumbuhkan semangat nasionalisme generasi muda yang saat ini sudah mulai luntur dengan adanya pengaruh globalisasi.
Pemerintah pusat maupun daerah perlu memberikan perhatian yang lebih untuk memberikan peluang terhadap generasi muda dan memberikan fasilitas dalam pengembangan jiwa kepemimpinannya. Karena para pemudalah yang mempengaruhi maju mundurnya bangsa dan negara Indonesia dimasa yang akan datang. Selain itu juga perlu diberikan pembekalan yang cukup, karena tantangan masa depan akan sangat berat dengan adanya arus globalisasi yang sangat deras, dimana pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Dan adanya peringatan hari Sumpah Pemuda diharapkan tidak hanya menjadi formalitas, namun diharapkan semua rakyat Indonesia khususnya pemuda sebagai calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang mau dan mampu merenungkan secara sungguh-sungguh. Karena Sumpah Pemuda merupakan salah satu sejarah bangsa yang harus dipertahankan dan dilestarikan semangat nasionalismenya.


Created by. Anisa Nurul Utami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar