Selasa, 22 Mei 2012

Motivasi dan Semangat Belajar


Sobat, ini ada sekelumit tips dan bakal bikin teman-teman mampu membangkitkan semangat belajar…………………………...J

Motivasi belajar setiap orang tidaklah sama, tergantung dari apa yang diinginkan orang yang bersangkutan. Tapi sobat tahu nggak sih caranya agar semangat belajar tidak mengendur?
Sebenarnya stimulasi motivasi belajar terdapat dua factor yang membuat seseorang dapat termotivasi untuk belajar, yaitu :
1.   Faktor internal
Motivasi ini terbentuk atas kesadaran diri atas pemahaman betapa pentingnya brlajar untuk mengembangkan dirinya dan bekal untuk menjalani kehidupan.
2.   Faktor eksternal
Dapat berupa rangsangan dari orang lain atau lingkungan sekitarnya yang dapat memengaruhi psikologis orang yang bersangkutan.

Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar. Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang-orang yang mendapat penghargaan atau sebuah prestasi.
     Pengertian belajar dipahami secara luas, baik formal maupun nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai ketrampilan seperti marakit computer, belajar menulis, membuat film, belajar berwirausaha dan lain-laiinnya.
Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan  kumpulan orang-orang yang senang belajar. Salah satu  millis yang harus dimanfaatkan agar dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran  dan memotivasi diri.
     Untuk bisa memunculkan semangat baru sebenarnya itu mudah. Jika kita serius ingin mempunyai semangat baru itu maka kita juga harus memiliki keinginan untuk memiliki semangat baru itu. Semangat biasanya tidak akan muncul jika kita tidak ada keinginan dalam diri, jadi sebelumnya kita harus memiliki keinginan terlebih dahulu.
     Sahabatku……lakukanlah sekarang dari apapun kebaikan yang bisa dilakukan sekarang. Ingat 3M kan?
1.   Mulai dari yang kecil !!!
2.   Mulai dari diri sendiri !!!
3.   The last…yuk Mulai dari sekarang !!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar